rss

Tuesday, June 15, 2010

T A T T O O


Tattoo berasal dari Tahitian, “tatu” yang berarti untuk menandakan sesuatu. Konon, menurut sejarahnya, tato pada awalnya ditemukan di Egypt pada waktu pembangunan The Great Pyramids, dan saat orang-orang Egypt memperluas kerajaan mereka, seni dari tato pun ikut menyebar. Perkembangan peradaban dari Crete, Yunani, Persia, dan Arabia semakin memperluas bentuk seni tersebut. Sekira 2000 SM, seni tato menyebar ke Cina.

Definisi Tattoo adalah Body Painting atau rajah adalah gambar symbol pada kulit tubuh yang diukir dengan menggunakan alat sejenis jarum. Biasanya gambar dan simbol itu dihias dengan pigmen warna warni. Alasan dari menato ada bermacam-macam, dari mulai alasan kebudayaan sampai sesuatu yang dianggap modis dan trendi.

Seni tato pun ternyata mengenal berbagai macam aliaran. Menurut Kent-kent di dalam seni tato diklasifikasikan menjadi 6 bagian, yaitu :

  1. Natural, berbagai macam gambar tato berupa pemandangan alam atau bentuk muka
  2. Treeball, merupakan serangkaian gambar yang dibuat menggunakan blok warna. Tato ni banyak dipakai oleh suku Maori.
  3. Outschool, tato yang dibuat berupa gambar-gambar zaman dulu, seperi perahu jangkar atau simbol yang tertusukl pisau.
  4. Newschool, gambarnya cenderung mengarah ke bentuk graffiti dan anime.
  5. Biomekanic, berupa gambar aneh yang merupakan imajinasi dari teknologi, seperti gambar robot, mesin dll.

Sementara di Indonesia, tato dianggap sebagai momok. Setiap orang yang memakai tato dianggap identik dengan penjahat, rampok, gali, dan orang nakal. Anggapan negative seperti ini secara tidak langsung mendapat “pengesahan” di berbagai kota di Indonesia. Sebelum tato dianggap sebagai sesuatu yang trendi dan fashionable seperti sekarang ini, tato memang dekat dengan budaya pemberontakan. Anggapan negative masyarakat tentang tato dan larangan memakai rajah atau tato bagi penganut agama tertentu semakin meyempurnakan image tato sebagai sesuatu yang dilarang dan haram. Oleh karena itu, memakai tato sama dengan memberontak terhadap tatanan nilai sosial dan agama yang ada.


Kini Menjadi Trendi

Walau dulu tato dianggap hal yang tabu dan jelek, sekarang ini tato dianggap sebagai sesuatu yang modis dan trendi. Tato tai lalat, tato untuk memerahkan bibir, tato alis sampai tato gambar “yang memindahkan canvas lukis” ke seluruh badan. Bahkan, para peminatnya kini bukan hanya pada kalangan biasa atau pada orang-orang iseng yang ingin gagah-gagahan. Para artis kini banyak yang menggunakan tato sebagai aksesori. Sebut saja beberapa artis seperti Andi/rif, presenter beken Jodi, penyanyi cantik Nafa Urbach dan banyak lagi selebritis lainnya. Dibalik itu semua tatoo bisa dijadikan barnag bukti dalam dunia kriminal. Belakangan terkuaknya video mesum yang melibatkan artis cantik mirip Luna Maya dan mirip Ariel. Dalam adegan Hot itu sang perempuan mempunyai tattoo di pinggul kirinya. Kalo memang tidak , langsung saja buktikan kepada khalayak mengenai tattoo yang ada pada video tersebut. Yah sudahlahhh biarkan itu menjadi tugass bagi yang berwenang. Kesimpulannya tato sekarang ini menjadi trend yang dianggap wajar di masyarakat. Selain dijadikan sebagai wahana berekspresi untuk seniman tatonya. Apakah mungkin suatu saat nanti Tattoo bisa dianggap penunjuk "status kelas sosial". *** (dari berbagai sumber)

2 komentar:

suhu on June 17, 2010 at 6:00 AM said...

Asa aya nu bakal kasimdir tah, masalah tompel nu di pinggul na hahahahah nice post ai like

Welcome to my Jungle on June 17, 2010 at 8:12 PM said...

hahahahahaa neng luna maksud ente xixixixxii


Post a Comment